Yuk, Belajar yang Efektif !

Belajar, mungkin adalah kata yang sangat membosankan untuk didengar oleh setiap santri. “Kang, kamu gak belajar?” Jawab: “Ah, males”. Para santri lebih memilih ber-kongkwo, ngobrol, dan ‘klotek-‘an.

Ada tips yang dapat dilakukan agar belajar dapat menyenangkan:

1.Mulailah dengan Niat dan Do’a

  • Niatkan dengan seikhlas-ikhlasnya di hadapan Allah SWT dalam mempelajari semua mata pelajaran semoga bermafaat. Kalau tidak bermanfaat untuk diri anda, niatkan untuk dapat dimanfaatkan orang lain.

2. Kenali tipe belajarmu

  • Jelas setiap santri memiliki cara belajar yang berbeda. Kalau anda suka mendengarkan musik, belajarlah sambil mendengarkan musik. Ada santri yang bisa “mudeng” dengan “klothek-an”, ya sedikit melakukan itu juga tidaklah mengapa. Bahkan ada tipe santri yang harus menyepi dari kebisingan, Hal seperti itu juga harus dihargai dengan cara kita tidak mengganggunya.

3. Ciptakan suasana yang kondusif

  • Dalam belajar, kita harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Jangan memaksakan diri untuk terus belajar ketika anda belum siap menerimanya, banyak masalah, atau lagi “breaking my heart”. Banyak istighfar adalah awal yang baik untuk menciptakan otak yang siap.

4. Membaca dan Membuat intisari

  • Ketika membaca buku pelajaran, anda perlu membuat ringkasan materi dari intisari pelajaran. Buatlah ringkasan materi dalam sebuah catatan kecil, “eh.. bukan untuk nyontek ya!”. Untuk meringkasnya, anda dapat menggunakan teknik meringkas “Mind Mapping”. Cari tahu caranya pada pengajar anda.