UN – UAMBN

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Pada ujian nasional  terdapat nilai batas yang berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting. Manfaat pengaturan standar ujian akhir:

  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional  (yang selanjutnya  disebut UAMBN), merupakan serangkaian ujian yang diselenggarakan di tingkat satuan pendidikan tingkat MTs/MA di bawah naungakan Kementerian Agama Islam. Fungsi utamanya adalah untuk mengukur ketercapaian kompetensi  peserta didik sesuai dengan standar  kompetensi  lulusan pada akhir tahun pelajaran di tingkat satuan pendidikan. Dan, mulai tahun pelajaran 2013-2014 ini, peserta didik yang telah mengikuti UAMBN  berhak menerima  Surat Keterangan  Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar  Nasional  (SKHUAMBN).